MELAKUKAN PENGAMATAN
EKSPLORATIF
Alat
dan Bahan
- Hewan-hewan di lingkungan sekitar
- Buku referensi
- Alat tulis
Prosedur
- Pergi ke lingkungan sekitar sekolah.
- Lakukan pengamatan sebanyak mungkin dengan menggunakan alat dan bahan yang disediakan tersebut.
- Tulislah apa yang kalian amati pada format hasil pengamatan yang telah disediakan berikut ini :
Tabel-1
Hasil Pengamatan
Hal-hal
yang di amati :
|
Penilaian diri (Self Assesment)
MELAKUKAN PENGAMATAN EKSPLORATIF
No
|
Rincian Tugas Melakukan Pengamatan Eksploratif
|
Skor
Penialaian
| |||
Skor Maks
|
Skor Yang diperoleh
| ||||
Siswa
|
Guru
|
Rata-rata
| |||
1
|
Pengamatan
dilakukan secara aman dengan menggunakan seluruh indera
|
20
|
|
|
|
2
|
Pengamatan
akurat secara kuantitatif dan menggunakan satuan yang sesuai
|
20
|
|
|
|
3
|
Pengamatan
akurat secara kualitatif
|
15
|
|
|
|
4
|
Pengidentifikasian
banyak butir pengamatan meliputi seluruh bagian obyek yang di amati
|
15
|
|
|
|
5
|
Pengidentifikasian
perubahan-perubahan dalam obyek yang diamati
|
15
|
|
|
|
6
|
Tidak
memasukan pendapat pribadi, kesimpulan atau inferensi
|
15
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
100
|
|
|
|
RUBRIK MELAKUKAN PENGAMATAN
AB
|
Daftar
hasil pengamatan terorganisasikan dengan baik yang menunjukkan bahwa kegiatan
pengamatan yang dilakukan telah
menghasilkan suatu study yang paling rinci. gambar-gambar yang amat
mengesankan dibuat untuk melengkapi data.
|
B
|
Siswa
melakukan pengamatan rinci dengan menggunakan seluruh indera secara aman dan
benar. Pengamatan kuantitatif menggunakan sistem matriks dan pengamatan
kualitatif dilakukan secara akurat. gambar dilukis secara cermat menyertai
data tersebut. Catatan pengamatan siswa bebas dari pendapat, kesimpulan atau
inferensi pribadi. rekaman catatan di organisasikan dan mudah di lihat.
|
CB
|
Pekerjaan
siswa sepertinya dapat diberi nilai B, kecuali ada suatu unsure penting yang
kurang baik mengejakannya.
|
C
|
Pekerjaan
siswa sepertinya dapat diberi nilai J, kecuali ada suatu unsure penting yang
dikerjakan dengan baik.
|
J
|
Siswa
melakukan pengamatan yang tidak lengkap dan/ atau akurat. sistem metrics
tidak digunakan secara benar. tidak ada gambar atau diagram, atau dibuat
secara asal-asalan. Daftar pengamatan tidak di organisasikan dengan baik, dan
atau mengandung pendapat, kesimpulan atau inferensi pribadi.
|
AJ
|
Pekerjaan
yang dikerjakan amat jelek.
|
Keterangan
:
AB = Amat Baik CB
= Cukup Baik J
= Jelek
B = Baik C = Cukup AJ = Amat Jelek
…………......,…….2012
Guru
Mapel Biologi
Nani
Kania
Tidak ada komentar:
Posting Komentar