Selasa, 04 September 2012

Penilaian Diri (Self Assesment)


                MELAKUKAN PENGAMATAN EKSPLORATIF


Alat dan Bahan
  1. Hewan-hewan di lingkungan sekitar
  2. Buku referensi
  3. Alat tulis
Prosedur
  1. Pergi ke lingkungan sekitar sekolah.
  2. Lakukan pengamatan sebanyak mungkin dengan menggunakan alat  dan bahan yang disediakan tersebut.
  3. Tulislah apa yang kalian amati pada format hasil pengamatan yang telah disediakan berikut ini :

Tabel-1
Hasil Pengamatan
Hal-hal yang di amati :
  1.  
  2.  
  3.  
  4.  
  5.  
  6.  
  7.  
  8.  
  9.  
  10.  

  

Penilaian diri (Self Assesment)
MELAKUKAN PENGAMATAN EKSPLORATIF
No
Rincian Tugas Melakukan Pengamatan Eksploratif
Skor  Penialaian
Skor Maks
Skor Yang diperoleh
Siswa
Guru
Rata-rata
1
Pengamatan dilakukan secara aman dengan menggunakan seluruh indera
20



2
Pengamatan akurat secara kuantitatif dan menggunakan satuan yang sesuai
20



3
Pengamatan akurat secara kualitatif
15



4
Pengidentifikasian banyak butir pengamatan meliputi seluruh bagian obyek yang di amati
15



5
Pengidentifikasian perubahan-perubahan dalam obyek yang diamati
15



6
Tidak memasukan pendapat pribadi, kesimpulan atau inferensi
15




Jumlah Skor
100






RUBRIK MELAKUKAN PENGAMATAN
AB
Daftar hasil pengamatan terorganisasikan dengan baik yang menunjukkan bahwa kegiatan pengamatan yang dilakukan telah  menghasilkan suatu study yang paling rinci. gambar-gambar yang amat mengesankan dibuat untuk melengkapi data.
B
Siswa melakukan pengamatan rinci dengan menggunakan seluruh indera secara aman dan benar. Pengamatan kuantitatif menggunakan sistem matriks dan pengamatan kualitatif dilakukan secara akurat. gambar dilukis secara cermat menyertai data tersebut. Catatan pengamatan siswa bebas dari pendapat, kesimpulan atau inferensi pribadi. rekaman catatan di organisasikan dan mudah di lihat.
CB
Pekerjaan siswa sepertinya dapat diberi nilai B, kecuali ada suatu unsure penting yang kurang baik mengejakannya.
C
Pekerjaan siswa sepertinya dapat diberi nilai J, kecuali ada suatu unsure penting yang dikerjakan dengan baik.
J
Siswa melakukan pengamatan yang tidak lengkap dan/ atau akurat. sistem metrics tidak digunakan secara benar. tidak ada gambar atau diagram, atau dibuat secara asal-asalan. Daftar pengamatan tidak di organisasikan dengan baik, dan atau mengandung pendapat, kesimpulan atau inferensi pribadi.
AJ
Pekerjaan yang dikerjakan amat jelek.

Keterangan :
AB = Amat Baik                      CB = Cukup Baik                                J = Jelek
B = Baik                                  C = Cukup                               AJ = Amat Jelek



                                                                                                …………......,…….2012
                                                                                                Guru Mapel Biologi

           
                                                                                                Nani Kania


Tidak ada komentar:

Posting Komentar